Jumat, 28 Mei 2010

BANGUNAN KAPAL II

sebelumnya telah kita ketahui bahwa kapal adalah alat penghubung antara/transportasi dari titik A ke titik B yang menggunakan mesin,layar atau tenaga lain dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku.
kita telah mengetahui bahwa kapal itu bertingkat-tingkat.kita bisa menghitungnya dari mulai lantai yang teratas terus lantai yg ke bawah,lantai teratas di sebut juga dengan lantai 1 dan seterusnya.terbalik dengan bangunan yang ada di darat yang menghitungnya dari bawah ke atas.
jika kita ingin melihat kapal secara utuh kita bisa melihat dengan cara irisan membajur yaitu melihat jika kapal memanjang dan irisan melintang jika kapal melintang.
kapal juga terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian yang paling teratas kita sebut dengan navigation deck yaitu banyak tiang-tiang untuk bernavigasi.di bawah bagian navigation deck kita temukan bridge deck atau anjungan kapal,di sana kita bisa mengontrol dan mengendalikan kapal kita.turun lg ke bawah bridge kita bisa menemukan tempat yang namanya boad deck atau tempat alat-alat penyelamat.dari boad deck kita pergi ke belakang sedikit kita bisa menemukan poop deck atau di sebut juga dengan nama geladak buritan.kemudian kita masuk ke pertengahan bagian kapal yaitu kita sebut juga dengan main deck atau deck jalan terus sampai ke depan kapal kita sebut dengan forward dan masuk ke bagian bawah kita sebut dengan kamar mesin.
kapal terdiri dari banyak ukuran jika kita melihat kapal yang bertonage di atas 500 kita bisa melihat 1 tiang besar di belakang dan 2 tiang tinggi di depan khususnya untuk kapal kargo.nam tiang belakangnya kita sebut dengan mask head dan tiang depan kita sebut dengan formask.
dan juga di pertengahan kapal cargo kita temukan alat bongkar muat yang kita sebut dengan crane atau alat bongkar muat yang gunanya untuk membongkar dan memuat muatan kapal kita.
di bagian bawah crane kita dapat melihat tutup-tutup yang kita sebut dengan palka dan tutup palka itu sendiri kita sebut dengan meiggresses,tutup palka itu sangat kuat dan tidak mudah kemasukan air.
kemudian kita bisa melihat pagar kapal,pagar kapal ada 2 macam yang terbuat dari pipa kita sebut dengan ralling pipe dan yang terbuat dari plat kita sebut dengan bull work plat.
kemudian kita pergi ke depan kapal di sana dapat kita temukan alat mesin jangkar yang kita sebut dengan jroon tacale yaitu alat untuk melabuhkan jangkar atau lego jangkar yang terdiri dari jangkar,rantai jangkar,ulut rantai jangkar dan stopeer.
dan yang paling terakhir dan paling bawah kita sebut dengan kamar mesin di sana lah tempat mesin kapal kita dan segala peralatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar